Selasa, 11 Oktober 2016

SISTEM PENJUALAN PADA KONVEKSI BORDIR KOMPUTER


SISTEM PENJUALAN PADA KONVEKSI BORDIR KOMPUTER


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat menyelesaikan Analisa tentang SISTEM PENJUALAN PADA UKM BORDIR KOMPUTER . Dalam penyusunan laporan ini, saya akui masih jauh dari sempurna. Maka saya mohon maaf jika ada kesalahan dari hasil meganalisis suatu sistem penjualan pada UKM yang saya tulis.


Latar Belakang 

Suatu perusahaan kecil menengah maupun menengah keatas membutuhkan sistem penjualan yang baik demi kelangsungan jalannya perusahaan tersebut. Penjualan merupakan faktor utama dalam menunjang kelangsungan hidup dalam suatu perusahaan. Karena tingginya tingkat penjualan pada suatu perusahaan maka dapat mengimbangi bahkan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu perusahaan harus mampu dalam menentukan kebijakan - kebijakan yang berhubungan dengan aktivitas penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Pada umumnya perusahaan memikirkan bagaimana cara memperoleh keuntungan yang besar dalam setiap penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Karena penjualan merupakan salah satu sumber pendapatan kas yang utama, maka penanganannya harus dikelola dengan baik.

Jadwal & Lokasi Praktek:
TEMPAT        : KONVEKSI BORDIR KOMPUTER
TANGGAL    : 6 Oktober 2016

Definisi Sistem Penjualan

Sistem adalah suatu kelompok komponen yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan demi mencapai suatu tujuan.

Penjualan adalah suatu proses usaha yang dilakukan perseorangan atau team dengan segala sumber daya yang ada untuk mencari atau mendapatkan calon pembeli, Menawarkan dan membujuk calon pembeli agar mau membeli dan memanfaatkan produk yang ditawarkan sesuai yang diharapkan.

Jadi dapat disimpulkan sistem penjualan yaitu sekelompok unsur atau bagian yang saling berhubungan dan berfungsi secara bersama- sama sesuai tugas masing- masing untuk memenuhi kebutuhan konsumen

Berikut ini adalah hasil analisis sistem penjualan pada UKM konveksi Bordir komputer:

UKM konveksi Bordir Komputer adalah suatu usaha dalam pembuatan bordir pakaian seperti jaket, kaos, kemeja, polo, topi, patch. Perusahaan konveksi ini telah berdiri sejak 2012 dan untuk jumlah pemesanan pada perusahaan ini minimal sebanyak 3 lusin dengan jangka waktu pengerjaan paling cepat yaitu 10 hari dan paling lambat 14 hari

Deskripsi kerja pada UKM konveksi Bordir computer sebagai berikut :

Owner/pemilik : Selain sebagai pemilik juga bertugas memimpin jalannya perusahaan konveksi Bordir Komputer, memiliki wewenang sebagai pengambilan keputusan, mencatat semua laporan – laporan dan melakukan penerimaan kas

Operator bordir : Pada perusahaan ini operator bordir mempunyai tugas untuk melakukan pembordiran pada pakaian atau mengoperasikan mesin bordir computer, dan selain itu juga memeriksa hasil bordiran sehingga menghasilkan kualitas yang baik

Penjahit : Tugas penjahit pada perusahaan ini yaitu mempunyai tugas untuk menjahit barang yang setengah jadi atau yang sudah selesai dibordir, selain itu juga bertugas untuk membuat pola pakaian sebelum pembordiran berlangsung

Finshing : Perusahaan ini juga memiliki pekerja pada bagian finishing yang mempunyai tugas yaitu antara lain untuk membuang benang yang tidak rapih pada pakaian atau merapihkan barang yang sudah selesai dijahit/dibordir

Pengiriman barang : yaitu mempunyai tugas untuk mengirim barang kepada pemesan atau ke jasa pengiriman jika lokasi pemesan jauh dari lokasi perusahaan tersebut

Pada perusahaan tersebut terdapat sistem penjualan seperti dibawah ini:

-          Penjualan langsung : Penjualan langsung merupakan cara penjualan dimana penjual langsung  berhubungan/berhadapan/bertemu muka dengan calon pembeli atau langganannya. Di sini, pembeli dapat langsung mengemukakan keinginannya seperti desain, bahan dll. untuk pembayarannya pemesan dapat langsung membayar uang muka sebesar 50% atau melalui transfer

-          Penjualan tidak langsung : penjualan tidak langsung pada perusahaan ini yaitu dengan cara menghubungi penjual melalui via telepon dan social media yang ada, pada sistem penjualan ini diwajibkan untuk membayar terlebih dahulu sebesar 50% melalui transfer dan mengirim desain yang diinginkan

Kekurangan dalam sistem penjualan : menurut saya sistem penjualan pada perusahaan ini sudah cukup baik namun kekurangannya yaitu tidak adanya sistem penjualan atau pemesanan online, karena pada jaman sekarang lebih banyak orang-orang memilih penjualan berbasis online karena lebih mudah cara pemesanannya untuk mendapatkan barang-barang yang diinginkan selain itu perusahaan juga dapat mempromosikan barang dagangannya dengan mudah sehingga konsumen dapat mengetahui apa yang kita produksi

Kesimpulan
Kesimpulan yang saya dapat pada analisa sistem penjualan pada UKM yaitu bahwa sangat pentingnya sistem penjualan maupun pemasaran untuk kelangsungan perusahaan, karena dengan sistem penjualan dan pemasaran yang baik perusahaan tersebut akan menerima omset atau keuntungan yang lebih banyak dari hasil penjualan barang yang diproduksinya

Penutup
Demikianlah makalah yang saya buat ini, semoga bermanfaat, saya mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan atas analisa yang saya buat










Tidak ada komentar:

Posting Komentar